AMBALAN SUDIRMAN-FATMAWATI SMK N 1 BLORA

Kamis, 16 Februari 2012

Estafet Tunas Kelapa Tradisi Pramuka

Pasukan Estafet Tunas Kelapa.


      Estafet Tunas Kelapa atau biasa disingkat ETK merupakan salah satu tradisi dalam Gerakan Pramuka  Kegiatan ini berupa jalan kaki sepasukan Pramuka dengan membawa berbagai atribut seperti bendera Merah Putih, bendera Pramuka, Obor, tunas kelapa dan beberapa atribut lainnya. Estafet tunas kelapa dilakukan secara beranting (estafet) dengan jarak setiap etape lebih kurang 5 km.


       Beberapa Bantara dari Ambalan Pattimura-Marthatia SMK N 1 Blora pernah ikut serta berpartisipasi dalam Estafet Tunas Kelapa pada tahun 2011 (tepatnya pada 30 September 2011) dan bergabung dengan para Pramuka Penegak di Kwaran Tunjungan.. Dari Kwartir Ranting (Kwaran) Tunjungan sendiri menyiapkan dua pasukan ETK yang masing-masing pasukan terdiri atas 61 personil. Ke-61 personil ini disebut sebagai Pasukan Inti yang terbagi menjadi tiga kelompok dengan susunan sebagai berikut:
  • Kelompok pertama terdiri atas 2 orang yang membawa spanduk.
  • Kelompok kedua terdiri atas 9 orang pembawa bendera Merah Putih, 1 orang pembawa obor, 1 orang pembawa amanat Gubernur dan 1 orang pembawa pesan dan kesan.
  • Kelompok ketiga terdiri atas 20 orang pembawa bendera Gerakan Pramuka, 14 orang pembawa tunas kelapa (cikal), 2 orang pembawa obor cadangan, 1 orang pembawa lampu badai, 1 orang pembawa dirigen minyak dan 1 orang pembawa bendera morse.
  • Kelompok keempat terdiri atas 8 orang yang membawa tongkat pramuka.
Selain Pasukan Inti yang terdiri atas 61 orang bisa ditambah dengan Pasukan Pengembira yang berjalan di belakang pasukan inti. Susunan Pasukan pengembira disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

    1 komentar:

    moeslem cyber mengatakan...

    pramuka smk 1 blora bisa

    Posting Komentar